Cara Update Google Play Servis

Cara Update Google Play Servis – Google Play Service merupakan software penting untuk menjalankan sejumlah aplikasi di sistem operasi Android. Pastinya akan muncul sejumlah pertanyaan apabila seseorang mengalami namanya kegagalan update. Ini sangat erat kaitannya dengan Google Play Service. Jika seseorang tidak melakukan update, maka kemungkinan besar seseorang akan mengalami permasalahan pada saat ingin mengakses aplikasi lainnya. Walaupun tidak semua aplikasi ya melainkan hanya sejumlah aplikasi lain yang juga diproduksi oleh Google.

Namun  sebelum mengetahui bagaimana cara update Google Play Service, apakah kamu tahu apa itu sebenarnya Google Play Service?

Tentang Google Play Service

Singkatnya Google Play Service ini berjalan berdasarkan sebuah sistem. Fungsi utama Google Play Service adalah mendukung berbagai aplikasi tertentu yang memakai fitur dari Google seperti Google Drive, Google Maps, Google Play Games, dan aplikasi Google lainnya.

Apakah penting update Google Play Service?

Perlu diingat bahwa sangat penting untuk selalu update atau memperbarui layanan dari Google ini. Alasan terkuat nya adalah apabila aplikasi tidak diperbarui ke dalam versi terbaru, maka besar kemungkinan aplikasi lainnya juga akan terganggu atau mengalami masalah.

Kesalahan yang paling sering muncul jika tidak melakukan pmbaruan terhadap Google Play Service adalah muncul error di sejumlah aplikasi yang akan dijalankan dan aplikasi tersebut akan meminta untuk memperbarui atau update Google Play Service.

BACA JUGA:  Download Video Facebook dengan Mudah

Pastinya siapa saja akan merasa bingung dan frustasi apabila aplikasi yang menggunakan sistem operasi Android berhenti bekerja. Oleh sebab itu, permasalahan seperti ini biasanya bisa  diatasi dengan mudah dengan cara mengupdate Google Play Service.

Lantas bagaimana cara update Google Play Service?

Cara Update Google Play Service

Sebenarnya ada beberapa langkah atau cara untuk memperbarui Google Play Service, beberapa di antaranya yaitu:

  1. Cara update Google Play Service secara manual dari Google Play Store

Kamu pasti tahu bahwa Google Play Service biasanya melakukan update secara otomatis bersamaan dengan Google Play Store. Namun dengan beberapa alasan ada sejumlah orang yang tidak mau mengaktifkan fitur tersebut seperti khawatir boros akan kuota. Nah memperbarui Google Play Service secara manual bisa dilakukan dengan masuk ke pengaturan Google Play Store.

Pertama-tama kamu harus membuka aplikasi Google Play Store ada ponsel. Setelah itu pilih menu horizontal 3 baris yang letaknya berada di sebelah kiri atas. Dari pilihan menu pilih opsi ‘Pengaturan’.

Tumben kamu bisa mencari aplikasi yang sudah terunduh di dalam ponsel kamu. Cari aplikasi Google Play Service atau layanan Google Play. Jika kamu telah menemukannya maka kamu dapat melakukan update secara manual. Tetapi jika tidak ada pilihan update itu berarti ponsel kamu telah menggunakan aplikasi ke dalam versi yang paling terbaru.

  1. Cara update Google Play Service dengan menghapus data

Cara yang kedua untuk melakukan Google Play Service itu dengan memaksa pembaruan Google Play Service otomatis. Nah ini bisa dilakukan dengan menghapus data Google Play Service. Apabila kamu melakukan hal ini, nantinya pihak Google yang akan memeriksa pembaruan terbaru secara otomatis. Caranya yaitu pertama buka ‘Pengaturan’ yang ada di dalam ponsel kemudian dari menu cepat atau dengan memilih ‘Pengaturan’

BACA JUGA:  Download Video Facebook dengan Mudah

Setelah itu pilih Aplikasi apa Aplikasi Manager atau Aplikasi yang sudah terinstal dalam ponsel tergantung pada jenis ponsel Android yang kamu pakai saat ini. Selanjutnya dalam ‘Semua Aplikasi’  kemudian cari Google Play Service dan pilih itu.

Nantinya kamu akan melihat info aplikasi Google Play Service, setelah itu pilih ‘Penyimpanan’. Di layar ‘Storage’ kamu klik ‘Clear Storage atau Clear Data’. Setelah proses tersebut kamu bisa menyalakan ponsel Android dengan menunggu selama 2-3 menit agar memberikan waktu kepada Google Play Service untuk memperbarui sendiri secara otomatis.

  1. Cara update Google Play Servis dengan install pembaruan sebelumnya

Walaupun kamu tidak bisa menghapus Google Play Service sepenuhnya, tetapi kamu bisa menghapus pembaruan sebelumnya. Pada saat kamu akan melakukannya, aplikasi akan kembali ke versi awal atau versi pabrik. Dengan cara ini maka akan memaksa ponsel kamu untuk memperbaruinya secara otomatis. Adapun caranya yaitu:

Pertama buka menu ‘Pengaturan’ ponsel dan buka Aplikasi Aplikasi Manager atau Aplikasi yang telah terinstall. Nantinya di dalam semua aplikasi kamu bisa pilih Google Play Service. Setelah itu pilih icon 3 titik yang letaknya di sudut kanan atas. Setelah itu pilih ‘copot pemasangan pembaruan dari Menu’. Kemudian nyalakan ponsel kembali dan tunggu sekitar 5 menit atau lebih. Setelah itu buka Google Play Store beserta aplikasi lainnya. Dengan cara ini diharapkan Google Play Service akan diperbaiki secara otomatis pada latar belakang.

  1. Reset Ulang HP Android

Ini merupakan cara terakhir yang bisa dilakukan ketika ponsel kamu eror karena masalah Google Play Service yaitu dengan melihat orang Android. Ini bisa dijadikan offset terakhir jika beberapa cara sebelumnya tidak bisa dilakukan. Sebab cara ini cukup ekstrim karena akan menyebabkan semua data baik itu dari aplikasi, percakapan, log dan data lainnya hilang.

BACA JUGA:  Download Video Facebook dengan Mudah

Jadi pastikan sebelum melakukan proses ini kamu sudah membackup semua data penting yang berada dalam ponsel. Untuk melakukan reset ulang pada HP Android yaitu buka menu ‘Setelan’ kemudian cari menu ‘factory data reset atau reset device’. Setelah kamu memilih pilihan tersebut maka HP Android akan merestart ulang HP secara otomatis kemudian tunggu hingga HP menyala kembali tampilan hp akan seperti pada saat kamu saja membeli HP tersebut.

Penutup

Demikianlah beberapa cara update Google Play Servis yang bisa transparan.id sampaikan. Semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada beberapa kesalahan dalam penulisan kata dan terimakasih.