• 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Terungkap, ini Rahasia yang Menyebabkan Daulah Islamiyah Kuat

#1
Melihat aksi Daulah Islamiyah, banyak orang heran tentang bagaimana kelompok jihad kecil itu bisa merajalela.
 
Kekuatan DI kecil
Kelompok jihadi itu masih relatif merupakan kekuatan kecil dan kekuatannya tidak terletak dalam jumlah.
Berikut alasan yang diidentifikasi oleh para ahli militer mengenai kenapa DI sukses.
 
 
Punya senjata baru
Daulah Islamiyah menggunakan peralatan militer yang mereka rebut dari para musuh yang mereka taklukkan, termasuk tank-tank, Humvees, rudal dan berbagai senjata berat lainnya.
Sejumlah perlengkapan, sebagian besar buatan Amerika, yang ditinggal kabur pasukan Irak yang melarikan diri ketika para jihadis meluncurkan serangan pertama mereka lebih dari dua bulan lalu, telah mengubah kemampuan DI.

 
[Image: 17811669_303.jpg]
 


Pengalaman Suriah

DI telah lama memiliki pijakan di Irak – yang bahkan menjadi tempat inkarnasi pertama kelahiran kelompok itu pada 2004 – namun apa yang membuat mereka kuat seperti hari ini adalah berkat pertempuran di negara tetangga Suriah.

Mereka telah memerangi rezim Suriah dan kelompok pemberontak saingannya sejak 2011, kelihatan tidak takut mati dan mengadopsi taktik yang sangat agresif.
 
[Image: 17834866_303.jpg] 


Memilih perang dengan cerdik

DI telah memilih perang dengan kecerdikan yang tajam, mefokuskan diri pada wilayah-wilayah Sunni di mana mereka bisa mendapatkan dukungan, infrastruktur-infrastruktur kunci atau tempat-tempat yang tidak dijaga dengan baik, serta pada saat bersamaan menghindari kekalahan yang tidak perlu untuk tetap memelihara momentum dan kesatuan di dalam organisasi.
 

[Image: 17858676_303.jpg]


Propaganda efektif

DI menggunakan faktor ketakutan untuk menaklukkan seluruh kota tanpa perlawanan.
Mereka menggunggah berbagai foto mengerikan orang-orang yang dipenggal dan dimutilasi, untuk merekrut dan meradikalisasi anak muda dan pada saat bersamaan membuat musuh ketakutan.
 

[Image: 17716651_303.jpg]
 

Musuh yang lemah

Satu-satunya faktor tunggal terbesar yang membuat para jihadis itu kelihatan kuat adalah lemahnya para lawan mereka. “Angkatan bersenjata Kurdi relatif baik menurut standar Irak, tapi mereka betul-betul prajurit infantri yang “ringan”.

Mereka yang berpengalaman memerangi Saddam Hussein telah pergi dan digantikan oleh orang-orang yang lebih muda,” kata Cordesman, mantan pejabat pertahanan AS.
 
Reply


Digg   Delicious   Reddit   Facebook   Twitter   StumbleUpon  


Users browsing this thread:
1 Guest(s)


  Theme © 2015