• 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Definisi Darul Islam & Darul Kufri wal Harbi

#1
Definisi Darul Islam
 
Telah berkata Ibnul al-Qayyim rahimahullah :
Telah berkata jumhur ulama, darul Islam adalah teritorial yang dijadikan tempat tinggal oleh kaum muslimin, berlaku di dalamnya hukum-hukum Islam. Teritorial yang tidak berlaku atasnya hukum-hukum Islam tidak bisa disebut sebagai darul Islam sekalipun namanya (diklaim) sebagai darul Islam. Inilah yang terjadi pada kota Makkah, dia tidak disebut sebagai darul Islam sampai terjadinya Fathul Makkah. ( Ahkam Ahlidz-Dzimmah 2/728 )
 
Telah berkata As-Sarkhosi rahimahullah :
Sebuah teritorial beralih menjadi darul Islam secara otomatis jika hukum-hukum Islam diterapkan atasnya. ( Syarh As-Sair Al-Kabir 5/2197 )
 
Telah berkata Al-Kasani rohimahulloh: Madzhab kami sepakat bahwa darul kufri secara otomatis menjadi darul Islam jika hukum-hukum Islam dilaksanakan di dalamnya. ( Bada’iul Shona’i 7/130 )
 
 
Definisi Darul Kufri wal Harbi
 
Telah berkata Al-Qadhi Abu Ya’la Al-Hambali rahimahullah : Setiap wilayah yang mayoritas hukum yang ditegakkan di dalamnya adalah hukum-hukum kafir sedang hukum Islam minoritas: maka dinamakan darul kufri.  ( Al-Mu’tamad dalam Ushul Dien : 276 )
 
Dan Syaikh Sulaiman bin Sahman rahimahullah : Adapun pengertian dari negeri kafir (biladul kufri), Madzhab Hambali mendefiniskan dengan; darul kufri adalah wilayah yang diterapkan undang-undang kufur sedang undang-undang Islam dicampakkan. ( Kasyfu al-Auham wal-Iltibas 94 )
 
Maka yang terang dari pembatasan definisi darul Islam dan darul kufri wal harbi menurut para ulama, bahwa yang menjadi manath hukum disini ialah bentuk hukum yang dinampakkan di dalam negeri tersebut.
 
Maka kapanpun hukum Islam ditegakkan disana, status teritorial tersebut menjadi darul Islam walaupun mayoritas penduduknya orang-orang kafir.
 
Dan kapanpun hukum kafir yang ditegakkan -maksudnya hukum yang ditegakkan di dalamnya selain hukum Islam- maka disebut darul kufri wal harbi, walaupun kenyataannya mayoritas penduduknya muslim.
Reply


Digg   Delicious   Reddit   Facebook   Twitter   StumbleUpon  


Users browsing this thread:
1 Guest(s)


  Theme © 2015